KATA SAMBUTAN

Ketua Panitia Kongres ASEAN ORL-HNS Ke-19 Dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia Ke-11

 

 

Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked(ORL-HNS), Sp.T.H.T.K.L(K)

Assalamu’alaikum Wr Wb, Sejawat yang terhormat.

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, dan berkah-Nya kepada kita semua, sehingga saat ini kita masih diberi kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan, serta bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

Medan ditunjuk sebagai penyelenggara Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11 pada tanggal 21-23 Oktober 2021 di JW Marriot hotel Medan. Sesuai dengan keputusan tersebut, kami panitia Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11, menjalankan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab.

Rangkaian acara terdiri dari simposium, lomba poster, presentasi ilmiah dan berbagai kegiatan workshop. Topik yang akan dibahas yaitu tentang operasi minimal invasif, kontroversi dan dilemanya di bidang onkologi, laringfaring, otologi, THT komunitas, neurotologi, bronkoesofagologi, plastik rekonstruksi maksilofasial, rinologi, alergi imunologi dan lain sebagainya. Selain itu dibahas juga berbagai penelitian di bidang biologi molekuler yang berkaitan dengan ilmu otorhinolaringologi dan bedah kepala leher di masa yang akan datang.

Para pakar dari dalam dan luar negeri akan hadir untuk berbagi ilmu, diskusi dan membuka luas wawasan mengenai aplikasi klinis untuk memperbarui dan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkini. Diharapkan kegiatan ini dapat membuka lebar kemungkinan dan kesempatan untuk berbagi ide dan kerjasama dalam melaksanakan penelitian di kemudian hari.

Selain memiliki fasilitas yang baik, Medan juga memiliki tujuan wisata yang menarik serta kuliner yang sudah terkenal dan akan menjadi daya tarik bagi peserta kongres. Kami sangat berharap sejawat ahli T.H.T.K.L., dan peserta didik, untuk hadir dan mendapat banyak manfaat dari topik-topik yang akan dibicarakan dalam acara ini, serta dapat menikmati liburan bersama keluarga.

Mengingat pandemi covid-19 masih belum berakhir maka penyelenggaraan kegiatan ini akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selamat datang di kota Medan dan selamat mengikuti Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11.

Yang terhormat kolega dan teman sejawat

Merupakan suatu kehormatan untuk dapat memberikan sambutan selamat datang kepada semua spesialis THT-KL ASEAN dan negara lainnya dalam acara Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11. Acara ini akan diselenggarakan selama 3 hari yaitu 21-23 Oktober 2021 di Hotel JW Marriot, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Medan sebagai tempat awal dibentuknya Asean Society Otorhinolaryngogical Federation (AORL) pada tanggal 2 Juli 1980 oleh 5 pendiri ORL HNS ASEAN. Mereka adalah Dr. Purnaman S. Pandi dari Indonesia, Dr. Mariano B. Caparas dari Filipina, Dr. N. Kunaratnam dari Singapura, Dr. Imran Gurbachan dari Malaysia, dan Dr. Sucitra Prasansuk dari Thailand. Hal ini menjadikan Medan sebagai kota yang bersejarah dan mengesankan bagi semua anggota AORL.

Kongres ini sangat special karena kita harapkan diselenggarakan di akhir masa pandemi COVID-19. Namun, sampai saat ini, pandemi COVID-19 masih berlangsung di banyak negara di dunia. Oleh karena alasan tersebut, kongres ini diselenggarakan dengan sistem hybrid dimana semua partisipan dapat memilih untuk bergabung dalam presentasi online maupun offline.

Komite penyelenggara telah bekerja keras untuk memastikan acara ini tidak hanya menjadi acara ORL HNS ASEAN yang paling berkesan, namun juga sebagai acara yang bermanfaat untuk semangat dan persatuan ASEAN.

Tema acara untuk tahun ini adalah “Come with New Spirit of Asean Solidarity”, acara Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11  berupaya menyoroti cara untuk kolaborasi Asean ORL HNS dalam menyediakan platform bagi semua spesialis ORL HNS untuk berbagi pengetahuan, mendiskusikan pengalaman, mendiskusikan masalah kontroversial dan memperbarui teknologi terbaru untuk berbagai masalah ORL HNS.

Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11 juga akan membantu kita untuk terus maju dan melakukan bakti sosial dalam waktu yang lama setelah COVID-19. Semoga acara ini bisa membangun jejaring dan silaturahmi yang selama ini kita nantikan.

Sebagai penutup, izinkan saya untuk menyambut Anda di Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11 di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Saya berharap Anda mendapatkan manfaat dalam seminar yang berlangsung selama 3 hari ini.