KATA SAMBUTAN

President 19th ASEAN ORL-HNS Congress and President Elect Asean ORL HNS Federations 2019-2021

 

 

dr. Soekirman Soekin, M.Kes, Sp.T.H.T.K.L(K)

Yang terhormat kolega dan teman sejawat

Merupakan suatu kehormatan untuk dapat memberikan sambutan selamat datang kepada semua spesialis THT-KL ASEAN dan negara lainnya dalam acara Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11. Acara ini akan diselenggarakan selama 3 hari yaitu 21-23 Oktober 2021 di Hotel JW Marriot, Medan, Sumatera Utara, Indonesia.

Seperti yang kita ketahui, Medan sebagai tempat awal dibentuknya Asean Society Otorhinolaryngogical Federation (AORL) pada tanggal 2 Juli 1980 oleh 5 pendiri ORL HNS ASEAN. Mereka adalah Dr. Purnaman S. Pandi dari Indonesia, Dr. Mariano B. Caparas dari Filipina, Dr. N. Kunaratnam dari Singapura, Dr. Imran Gurbachan dari Malaysia, dan Dr. Sucitra Prasansuk dari Thailand. Hal ini menjadikan Medan sebagai kota yang bersejarah dan mengesankan bagi semua anggota AORL.

Kongres ini sangat special karena kita harapkan diselenggarakan di akhir masa pandemi COVID-19. Namun, sampai saat ini, pandemi COVID-19 masih berlangsung di banyak negara di dunia. Oleh karena alasan tersebut, kongres ini diselenggarakan dengan sistem hybrid dimana semua partisipan dapat memilih untuk bergabung dalam presentasi online maupun offline.

Komite penyelenggara telah bekerja keras untuk memastikan acara ini tidak hanya menjadi acara ORL HNS ASEAN yang paling berkesan, namun juga sebagai acara yang bermanfaat untuk semangat dan persatuan ASEAN.

Tema acara untuk tahun ini adalah “Come with New Spirit of Asean Solidarity”, acara Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11  berupaya menyoroti cara untuk kolaborasi Asean ORL HNS dalam menyediakan platform bagi semua spesialis ORL HNS untuk berbagi pengetahuan, mendiskusikan pengalaman, mendiskusikan masalah kontroversial dan memperbarui teknologi terbaru untuk berbagai masalah ORL HNS.

Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11 juga akan membantu kita untuk terus maju dan melakukan bakti sosial dalam waktu yang lama setelah COVID-19. Semoga acara ini bisa membangun jejaring dan silaturahmi yang selama ini kita nantikan.

Sebagai penutup, izinkan saya untuk menyambut Anda di Kongres ASEAN ORL-HNS ke-19 dan Pertemuan Ilmiah Nasional PERHATI-KL Indonesia ke-11 di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Saya berharap Anda mendapatkan manfaat dalam seminar yang berlangsung selama 3 hari ini.